Mengenal VCS Subversioning (Bagian 1) – Pengenalan dan Instalasi

Subversion adalah salah satu aplikasi version control system ,berfungsi untuk mengontrol versioning dokumen ( yang dapat menjadi media kolaborasi project serta mengelola dokumen project beserta segala perubahan yang terjadi atas dokumen tersebut.

menggunakan vcs dapat memudahkan programmer menyimpan update coding-an nya kedalam repository, serta bisa dengan cepat roll back ke versi sebelumnya jika terjadi bug atau error atau juga ketidak konsistenan pada code program yang di update tersebut. kemampuan ini disebut dengan reversibility.

vcs dapat merekam file mana saja yang mengalami perubahan, lalu dalam blok program mana, juga berdasarkan author (siapa yang mengubah) serta tanggal perubahan. sehingga pengerjaan coding program dapat dipantau secara transparan.

Ada banyak produk vcs yang beredar didunia ini. Sebut saja yang familier adalah GIT, VCS yang dikembangkan oleh Linux Torvald ketika mengembangkan Linux (kernel) . Juga beberapa merk dari vcs seperti mercury, bazaar,GNU Arch dan lain sebagainya. Sedang pada tutorial ini, akan dibahas penggunaan SVN – Subervesioning.

A. Instalasi SVN

Baik, Sekarang kita lanjutkan dengan instalasi aplikasi SVN. SVN yang akan digunakan adalah dari tortoise.

– Download Tortoise SVN di http://tortoisesvn.net/

– Pilih SVN yang sesuai dengan operating system, misal 32 bit atau 64 bit.

 

– Install file yang telah di download tersebut

– Setelah Selesai Restart Komputer.

Demikianlah Artikel mengenai pengenalan vcs SVN (Subversioning). Silakan Beralih ke artikel selanjutnya mengenai penggunaan VCS SVN.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *